News  

Tahapan Pemilukada 2020 Rilisan KPU yang Belum di Ketahui Masyarakat

Photo KPU saat menyerahkan CSV ke Bawaslu Bapaslon kabupaten/kota
sumber gambar : kpu

Bididkdot.com  Komisi Pemilihan Umum (KPU)  telah merilis rencana tahapan Pemilu Kepala Daerah secara serentak pada tahun ini 2020.pemilihan kepala daerah nantinya akan berlangsung di 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 walikota yang tersebar di seluruh indonesia.

Sebagaimana dalam Uji Publik PKPU Pilkada 2020 maka rancangan dalam tahapan pemilihan umum serentak bagi kepala-kepala daerah telah di ri;is oleh pihak KPU pada Senin 24/6/2019.

Baca Juga : WS Resmi di Tetapkan Tersangka Oleh KPK

Seluruh warga negara yang hendak mencalonkan diri sebagai kepala-kepala daerah harus melalui seluruh tahapan yang di terbitkan oleh Komisi Pemilihan Umum pada 2019 silam

Berikut seluruh tahapan proses Pemilihan Kepala Daerah  yang resmi di tetapkan KPU Pada bulan Juni 2019 lalu yang di lansir dari halaman website tempo.co :

1 Oktober 2019
Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)
Hal ini berfungsi memastikan bahwa anggaran Pilkada dari pemerintah provinsi kabupaten/kota.

1 November 2019-22 September 2020
Sosialisasi dan bimbingan teknis kepada KPU Daerah

31 Januari – 1 Maret 2020
Pembentukan Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

31 Januari 2020
Pendaftaran pemantau Pilkada

26-30 Maret 2020
Penyerahan syarat dukungan pasangan calon

27 Maret-17 Juli 2020
Pemutakhiran data dan daftar pemilih Pilkada. hal ini di maksudkan agar yang belum terdaftar memastikan dirinya bisa mengambil bagian dalam pemilihan kepala daerah

28-30 April 2020
Masa pendaftaran pasangan calon Pilkada Pendaftaran dilakukan melalui KPU Daerah
.
13 Juni 2020
Penetapan pasangan calon Setelah verifikasi, KPU akan mengumumkan penetapan pasangan calon kepala daerah.

16 Juni-19 September 2020
Kampanye dan Debat Publik Pilkada 2020

23 Setember 2020
Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

Dengan demikian masyarakat maupun pendukung pasangan calon mengetahui proses apa saja yang akan di lewati sebagaimana tahapan ini di terbitkan. walaupun harus di akui di beberapa daerah pernyataan mendukung sala satu calon sudah ramai di laksanakan termasuk ornamen  yang berhubungan dengan. acara pemilu kepala daerah telah terpajang di mana-mana

Khususnya di Kota Bitung  poster para calon sudah terpampang di jalan-jalan padahal jika akan ikut tahapan sebagaimana yang di maksud PKPU bahwa pajangan poster para kandidat setelah penetapan calon bulan Juni mendatang .

Baca Juga : Tarik Ulur Pemindahan Ibu Kota Negara

Pajangan poster kandidat di beberapa tempat pun masih di dominasi oleh para petahana baik Walikota Maxmilian J Lomban maupun Maurits Mantiri belum ada kontestan lain yang nampak meramaikan kontestasi pemilihan kepala daerah september mendatang calon yang mewakili partai politik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *