Sport  

Jadwal MotoGP 2021 Terbaru dan Kesiapan Sirkuit Mandalika Lombok

 

Pembalap MotoGP asal Jepang Takanagami Foto twitter @motogp

Bidikdotcom – Sport MotoGP 2021 akan mulai digulirkan pada akhir Maret mendatang meski masih dilanda dengan wabah corona diberbagai negara namun kesiapan para pemilik sirkuit telah mencapai tingkat kematangan bagi para rider yang akan berlaga nanti.

Indonesia pada 2019 telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah dari balapan terakbar didunia yakni MotoGP 2021 tetapi melihat dari kesiapan  Sirkuit Mandalika dipastikan bahwa Indonesia belum bisa menjadi tuan rumah tahun ini.

Pelaksana MotoGP Dorna Sport menyatakan bahwa Sirkuit Mandalika masih dalam peninjauan untuk pelaksanaa tahun ini sebab ada dua Sirkuit yang ditunda pelaksanaannya yakni MotoGP Argentina dan Amerika Serikat.

Namun menurut Dorna bahwa pelaksanaan balapan pun akan tergantung dengan kondisi keamanan kesehatan dari tuan rumah pelaksana, jika penyebaran Covid-19 masih meningkat kemungkinan juga akan dipertimbangkan pelaksanaannya.

Sirkuit Mandalika merupakan arena balapan berkelas internasional dimiliki Indonesia saat ini bertempat di Praya Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) dimana saat ini berstatus reserve.

Status tersebut tidak lepas dari masih tingginya penyebaran covid-19 di tanah air.

Dalam kaitannya dengan pelaksanaan MotoGP 2021 dimana Indonesia tidak ada dalam daftar resmi Dorna maka pengelolah sirkuit memiliki peluang untuk membenah lebih baik lagi arena balapan sehingga benar-benar memenuhi standar sirkuit.

Berikut Jadwal Lengkap MotoGP 2021

 1. 23 Maret – MotoGP Qatar

2. 4 April – MotoGP Doha

3. 18 April – MotoGP Portugal

4. 2 Mei – MotoGP Spanyol

5. 16 Mei – MotoGP Prancis

6. 30 Mei – MotoGP Italia

7. 6 Juni – MotoGP Catalinya

8. 20 Juni – MotoGP Jerman

9. 27 Juni – MotoGP Belanda

10. 11 Juli – MotoGP Finlandia (Homologasi)

11. 15 Agustus – MotoGP Austria

12. 29 Agustus – MotoGP Inggris

13. 12 September – MotoGP Aragon

14. 19 September – MotoGP San Marino

15. 3 Oktober – MotoGP Jepang

16. 10 Oktober – MotoGP Thailand

17. 24 Oktober – MotoGP Australia

18. 31 Oktober – MotoGP Malaysia

19. 14 November – MotoGP Valencia

Meski sudah dalam penjadwalan, MotoGP Finlandia masih dalam proses Homologasi atau penilaian  dari berbagai aspek apakah sesuai standar balapan atau tidak yang nantinya akan mendapatkan lisensi serta perizinan resmi pelaksanaan dari penanggung jawab balapan yakni Dorna Sport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *